Halal Tour in Russia

BAHASA RUSIA

Minggu, 17 Maret 2019

Masjid Jami Saint Petersburg -1



Kubah Masjid St Petersburg.
Alhamdulillah, akhirnya selesai juga mencari referensi ttg masjid jami Saint Petersburg. Meskipun masih banyak kekurangan, semoga informasi ini bisa menambah sedikit wawasan kita tentang islam di Rusia.
-
Masjid saint Petersburg ini adalah salah satu masjid tua dan bersejarah yang ada di Rusia. Masjid ini sudah berdiri sejak Rusia masih dalah masa Kekaisaran, jauh sebelum bentuk negara Rusia menjadi Federasi Rusia.
-
Sejarah tentang masjid ini dimulai dari tahun 1798, ketika tentara muslim Rusia mengajukan permohonan kepada pemerintah untuk diberikan sebuah rumah ibadah dan sebidang tanah untuk pemakaman muslim Rusia.
-

Buah dari permohonan tersebut, pada tahun 1803 – 1804, atas perintah dari departemen Militer Rusia, akhirnya muncullah proyek pembangunan dua masjid untuk tentara muslim Rusia. Dua masjid tersebut bernama Tatarskoe Podvore dan Tatarskaya Mechet.
-
Proyek pembangunan masjid Tatarskaya Mechet (1803) penggarapannya diserahkan kepada Luigi Puskan, sedangkan masjid Tatarskoe Podvore (1804) digarap oleh seorang Arsitek bernama Andrey. Namun kedua proyek ini mangkrak di tengah jalan.
Masjid tampak dari kejauhan
-
Karena proyek masjid mangkrak dan tidak bisa diharapkan lagi, akhirnya para tentara muslim Rusia mempunyai inisiatif sendiri mendesain sebuah ruangan di barak tentara lalu menfungsikannya sebagai mushola.
-
Pada saat itu, di St Petersburg belum ada satu pun masjid. Padahal menurut sensus penduduk, pada tahun 1869 sudah ada 1700 muslim yang tinggal di kota ini. Dari jumlah 1700 muslim tersebut, 1585nya adalah suku Tatar.
-
Seiring berjalannya waktu akhirnya, ide pembangunan masjid pun kembali muncul. Secara singkatnya, proses pembangunan masjid di kota St Petersburg terbagi dalam dua tahap dan akan kami jelaskan di bawah ini.



Tahap Petama : Pembentukan Panitia Pembangunan masjid St Petersburg.
-
Pada tahun 1881, beberapa tokoh muslim mengangkat isu pembangunan masjid ke public. Diantara tokoh muslim tersebut adalah Muhammad Syakir Yunusov dan Ayatulloh Bayazitov.
-
Ditempat lain, mufri Orenburg, Salimgerey Telkelev juga berusaha melobi director kantor departemen urusan agama dan kepercayaan, Alexander Nikolaevic Mosolov, membahasa tentang perlunya pembangunan masjid di st Petersburg.
Jamaah masjid St Petersburg yang membludak sampai ke jalan
-
Usaha para tokoh muslim itu pun membuahkan hasil. Dan setelah lobi mufti Orenburg dengan director kantor departemen urusan agama, disepakati pembentukan Panitia Penggalangan dana untuk pembangunan masjid St Petersburg. Dan dana yang nantinya terkumpul, selain untuk pembangunan masjid juga akan dialokasikan untuk pembangunan rumah sakit dan  madrasah.
-
Pada awalnya, penggalangan dana hanya ditujukan kepada etnis Tatar. Karena memang sejak awal berdirinya St Petersburg, etnis Tatar adalah muslim mayoritas dibanding etnis lainnya.
-
Selain bertugas mencari dana, Panitia pembangunan masjid ini mempunyai kewajiban melaporkan perkembangan kegiatan mereka baik itu pendapat dana masuk atau estimasi pengeluaran dana. Dan sebagai salah satu bentuk laporan kepada public,  dua kali dalam setahun nama para penyumbang dana akan dipublikasikan di sebuah surat kabar.
-
Pengumpulan dana termasuk lambat karena hanya diambil dari umat muslim St Petersburg saja. Pada tahun 1902 dana yang terkupul baru 44 ribu ruble.
-
Tahap ke-dua : Pembangunan Masjid St Petersburg
Pada tahun 1905 muncullah gerakan revolusi di Rusia. Hal ini sedikit memberikan angin segar kepada warga Rusia secara umum, termasuk juga kepada umat islam di Rusia. Gerakan revolusi yang muncuk di wilayah rusia ini  memaksa Kaisar Nicholas II untuk memilih, apakah dia akan menggunakan kekuatan militer (dictatorship) untuk mempertahankan kekuasaannya atau menyerahkannya kepada konstitusi. Dan Kaisar memilih opsi ke-dua.
-
Pada 17 April 1905 di Rusia muncul manifesto ttg kebebasan  kebebasan memeluk agama dan kepercayaan. Dan beberapa bulan kemudian, pada 17 Oktober 1905 muncul manifesto yang dikenal dengan October Manifesto / oktyabirsky manifest, ttg pemberian jaminan kebebasan (kebebasan berpendapat, press, berkumpul) kepada orang Rusia.



0 Comments:

Posting Komentar