Halal Tour in Russia

BAHASA RUSIA

Kamis, 31 Januari 2019

Jejak Islam di Pegunungan Ural - 2


3. Masjid di Ufa-Shigiri
Foto bersama di depan masjid di Ufa shigiri

Tujuan kami selanjutnya adalah Desa Ufa-Shigiri. Di desa ini kami mengunjungi masjid dan madrasah Taubat.  Menurut salah satu sesepuh muslim Ufa-shigiri, Nurislam ahmadiev (57),  nenek moyang penduduk desa yang terletak di pinggiran sungai Sergi-Ufa ini adalah sekelompok orang yang melarikan diri dari Tatarstan. Setelah pendudukan kota Kazan - ibu kota Tatarstan -  pada tahun 1552 oleh tentara Russia, banyak Tatarin (sebutan etnis Tatar) yang melarikan diri sampai ke daerah ini dan mendirikan pemukiman baru. Hingga saat ini, Ufa-Sigiri dikenal sebagai desa Tatar. Sebagaimana Tatar identik dengan Muslim, desa ini pun kemudian dikenal dengan desa muslim.

            Sejak berdiri pada tahun 1552, kemudian melewati masa pemerintahan uni-soviet, desa Ufa-Shigiri merupakah salah satu desa yang bisa mempertahankan budaya dan tradisi Islam. “Pemuda di desa ini jika bertemu dengan kita di jalan, mereka akan menyapa assalaamu’alaikum,” jelas Nurislam Hazrat.
Seperti layaknya masjid yang terletak di pedalaman, masjid Taubah masih berdinding luar kayu dengan pemanas ruangan tradisional, pechka. Muslim desa ini mempunyai madrasah dengan lima kelas yang semuanya dibangun atas dasar swadaya masyarakatnya atau tanpa mengandalkan bantuan dari pemerintah Russia.
Desa Ufa-Shigiri juga mempunyai pemandangan yang indah. Oleh karenanya, jika musim panas tiba, di daerah ini sering diadakan camping yang diikuti oleh muslim seluruh penjuru Sverdlovsk oblast.


4. Masjid di Krasnoufimski
Manuskrip kitab tafsir, dicetak 1889
Setelah dari desa Ufa-Shigiri, kami melanjutkan perjalan ke kota kecil Krasnoufimski. Kami tiba di daerah Krasnoufimski pukul 23.00 waktu setempat. Kami langsung menuju Masjid jami krasnoufimski dan memutuskan untuk bermalam disana.          Masjid yang kami datangi kali ini terbilang besar. Berlantai dua, mempunyai ruang istirahat untuk tamu yang luas, dapur dan ruang madrasah. Masjid ini terbilang sangat tua. Seperti tertulis dalam buku ensiklopedi islam Ural, masjid yang terletak di pusat kota krasnoufimski ini dibangun oleh seorang saudagar bernama Muhammad Hafizov Habibulina pada tahun 1896.
Bertolak dari masjid Krasnouvimski

Setelah sholat subuh kami beramah tamah dengan pengurus masjid ini. Menurut penuturan dari Imam Masjid jami’ krasnoufimski , Rafael Safin Hazrat (51), , bisa dikatakan,  bahwa desa - desa wilayah krasnoufimski yang terletak di pedalaman, secara keseluruhan masih memegang budaya dan tradisi Islam. bukan hanya orang tua, namun pemudanya pun aktif di masjid. Bahkan mata pelajaran ke-islaman diajarkan di sekolah dasar.

Dari Hockey ke Masjid
Meninjau lapangan Hockey

Selanjutnya Rafael hazrat mengajak kami untuk mengunjungi desa Bayak. Dalam perjalanan ke desa yang terletak 20 Km dari kota ini, Rafael Hazrat menunjukkan kepada kami beberapa masjid tua dan kuburan muslim yang berumur lebih dari 250 tahun. Hal itu menjadi bukti sejarah islam di pedalaman Ural.
            Kami sampai di masjid Ust-Bayak (Bayak – nama salah satu tokoh Muslim Tatar). Masjid ini juga dibangun dengan atas swadaya muslim desa Bayak. Imam masjid Ust-Bayak, Rafil Ziyatdinov (47), selalu menekankan kepada jamaahnya untuk bisa menjadi muslim yang mandiri. “Dengan menjadi Muslim yang kuat, orang lain baru bisa menghargai kita,” ceritanya kepada kami.
            Rafil Ziyatdinov adalah mantan atlet Hockey. Kepiawainnya dalam bidang olahraga ini kemudian dimanfaatkannya untuk menggaet hati para pemuda desa Bayak. Selain membangunan masjid, Rafil Ziyatdinov beserta jamaahnya juga membangun lapangan  hockey . Di seragam tim hockey nya pun tertulis kata Bolgar dengan tulisan tatar kuno (Arab).
Pemakaman Muslim di desa Ust. Bayak

            Sebenarnya masih banyak masjid – masjid yang terdapat di pedalaman pegunungan Ural. Namun napak tilas kami harus berhenti sampai disini. Menurut buku sejarah islam di negara federasi Russia, Islam masuk ke wilayah ural pada abad ke VIII yang dibawa oleh pedagang dari arab dan asia tengah. Dagestan, Chechnya, Bashkortostan ,Tatarstan , adalah negara – negara di federasi Russia yang menjadi bukti jejak islam. Banyak manfaat yang kami ambil dari agenda awal tahun ini. Diantaranya,  kami mengetahui bahwa di pedalaman  pegunungan Ural terjaga tradisi dan kebudayaan islam yang sangat tua. Selain itu, kami semakin yakin, bahwa di tengah suatu kaum, pasti Allah mengutus hambanya yang akan menuntun manusia ke jalan-Nya.

0 Comments:

Posting Komentar