Halal Tour in Russia

BAHASA RUSIA

Jumat, 01 Februari 2019

Penutupan kegiatan Islamic Centre “Prosveshchenie” Yekaterinburg


 
Penutupan Kegiatan di Islamic Center
Ahad (12/5), aku menghadiri acara penutupan kegiatan di Islamic centre Yekaterinburg, Prosveshcheniye, untuk tahun ajaran 2012-2013. Acara dilaksanakan di gedung Prosveshcheniye yang terletak di jalan studencheskaya 56. Acara di mulai pukul 11 waktu setempat. Penutupan kegiatan tahun 2012-2013 ini dihadiri oleh sebagian besar jamaah.
Panitia membagi penutupan kegiatan ini menjadi dua. Pukul 11.00 sampai pukul 14.00 untuk dewasa, dan setelah pukul 14.00 untuk anak-anak. Di Russia, sebagian besar kegiatan pengajian akan diakhiri menjelang musim panas. Selanjutnya, selama musim panas orang-orang akan libur untuk kemudian bekerja atau berkebun.

Direktur Prosveshenie, Ruslan Nurmametov, membuka acara tersebut dengan mengucapkan terima kasih kepada para jamaah atas ketekunan mereka dalam menimba ilmu selama satu tahun ajaran yang lalu. Dalam sambutannya, Ruslan mengingatkan hadirin agar selalu mengulang pelajaran yang sudah pernah diperoleh selama belajar di Islam centre ini.
Selain Ruslan, Gulstina Hanum - salah satu tenaga pengajar di lembaga pendidikan islam ini, juga mengatakan hal yang sama kepada jamaah untuk menjaga agar ilmu yang didapat selama ini tidak akan terlupa. Selanjutnya Gulstina Hanum memberi tugas tambahan kepada setiap jamaah. Gusltina meminta kepada setiap orang agar pada tahun pelajaran mendatang mereka bisa mengajak satu teman sebagai murid baru.
Setelah sambutan selesai, acara dilanjutkan dengan ramah tamah. Semua yang hadir menikmati secangkir teh dan makanan ringan ala kadarnya. Sambil menikmati hidangan yang ada, jamaah bisa menyampaikan kritik dan saran kepada pengurus. Diantara masukan yang ada berasal dari Radzif Davlyatshin, dia menyarankan agar Islamic centre Prosveshcheniye agar bisa membangun jembatan komunikasi dengan organisasi keagamaan lainnya dengan cara mengundang mereka untuk sekedar minum teh dan ngobrol ringan. Hal ini menurut Radzhif sangat penting untuk menjaga kerukunan dan meluruskan stereotype tentang muslim yang ada di masyarakat.
            Setelah acara ramah tamah selesai, jamaah pun pulang. Namun sebelumnya Ruslan mengingatkan bahwa, meskipun sudah ada penutupan, tidak berarti bahwa prosveshcheniye tidak mempunyai kegiatan sampai bulan novermber nanti. Muslim Yekaterinburg sudah merencanakan beberapa agenda kegiatan, diantaranya; hari ahad (19/5) nanti akan diadakan kerja bakti di pemakaman muslim kota Yekaterinburg, berpartisipasi dalam pesta rakyat Sabantui (perayaan penyambutan musim panas), kegiatan untuk memperingati ramadhan dll.

Penutupan untuk anak-anak
            Anak-anak datang sekitar pukul 14.00. Seperti jamaah dewasa, anak-anak juga akan menutup kegiatan belajar mereka di Prosveshchenie.
            Anak-anak yang belajar di Islamic center Prosveshchenie sangat beragam. Mereka tidak hanya berasal dari Negara Russia saja, namun ada yang berasal dari Uzbekistan dan Turkey.
            Berbeda dengan konsep penutupan kegiatan sebelumnya, penutupuan kegiatan untuk anak-anak ini dibuka dengan berbagai permainan. Permainan pertama adalah permainan hadits. Anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri dari dua orang. Kemudian panitia membagikan kepada setiap kelompok satu lembar kertas yang didalamnya terdapat sebuah hadis, namun hadis tersebut ditulis dengan angka sesuai urutan huruf alfabet. Tugas setiap kelompok adalah menebak angka tersebut menjadi sebuah kalimat hadis kemudian menjelaskannya.
Foto bersama selepas acara

            Permainan kedua adalah puzzle. Pengurus membagi anak-anak menjadi kelompok kecil, setiap kelompok berisi tiga orang. Anak-anak diberi potongan-potongan gambar orang sholat atau sedang berwudhu. Dan tugas mereka adalah menyusun potongan gambar kemudian dan mengurutkannya.
            Permainan ketiga, anak-anak yang hadir dibagi menjadi tiga kelompok. Setiap kelompok harus membuat gazeta (semacam majalah dinding). Pengurus memberikan kepada masing-masing kelompok semua peralatan yang diperlukan, mulai dari karton, gunting, lem, cat air dll. Dari tiga kelompok, dua kelompok membuat mading bertemakan masjid, dan satu kelompok bertema hadis nabi.
            Setelah selesai membuat mading, anak-anak, orang tua dan seluruh pengurus yang hadir beramah tamah, menikmati secangkir teh dan makanan ringan. Di akhir acara, sebelum pulang, pengurus memberikan hadiah kepada pemenang game. Menurut Ruslan Nurmametov, insya Allah, musim panas sebelum ramadhan nanti kita akan mengadakan summer camp bersama anak-anak.
            Begitulah cerita tentang penutupan kegiatan Islamic centre Prosveshchenie di Yekaterinburg. Memang, di Russia, libur musim panas adalah waktu istirahat total. Kebanyakan orang mengisi liburan mereka dengan bercocok tanam. Mereka akan menanam kentang, tomat, timun dan sayur-sayur lainnya.
Hasil bercocok tanam tersebut akan dipanen ketika musim gugur, lalu diolah dan disimpan untuk keperluan satu tahun. Setelah musim gugur, ketika hawa sudah mulai dingin, maka tanah tidak bisa lagi produktif. Ketika tanah sudah tertutup salju, maka otomatis mereka tidak bisa berbuat apa-apa.

Yekaterinburg, 13/5/2013

0 Comments:

Posting Komentar