Halal Tour in Russia

BAHASA RUSIA

Jumat, 08 Februari 2019

Masjid Kul-Sharif



Di dalam komplek Kazan Kremlin dibangun pusat peribadatan umat islam Kazan, Masjid Kul-sharif. Masjid ini didirikan dalam rangka memperingati hari jadi ke-1000 kota Kazan. Masjid berkubah biru dengan 6 menara ini didirikan diatas tanah bekas sebuah masjid yang hancur pada saat penaklukan kota Kazan. Pembangunan masjid ini memakan waktu sekitar 10 tahun.


Alasan pemberian nama Kul-Sharif adalah sebagai bentuk penghormatan kepada imam terakhir masjid  yang hancur pada saat penaklukan  kota Kazan.  Sang Imam yang juga seorang politikus itu gugur dalam perang mempertahankan kota Kazan pada tahun 1552. Masjid cantik ini, sekarang menjadi symbol baru kota kazan dan Tatarstan secara keseluruhan.



Bagian dalam masjid ini mampu menampung sekitar 1500 jamaah, sedangkan halaman luar masjid ini mampu menampung sekitar 10000 orang. Selain sebagai pusat keagaamaan, masjid ini juga berfungsi sebagai Museum . Di dalam museum yang terdapat di masjid ini tersimpan manuskrip kuno dan barang-barang peninggalan kebudayaan Volga.

0 Comments:

Posting Komentar