Halal Tour in Russia

BAHASA RUSIA

Jumat, 01 Februari 2019

Peresmian Islamic Centre Yekaterinburg


Peresmian Islamic Center Yekaterinburg

Peremian Islamic Centre Prosveshenie
Alhamdulillah, setelah hampir tiga tahun menunggu akhirnya muslim Yekaterinburg resmi mempunyai gedung yang bisa difungsikan sebagai Islamic center. Pembukaan pusat studi islam pertama di kota terbesar ke empat di Russia ini dilaksanakan pada pukul 11, hari ahad (11/11), dibawah komando organisasi Prosveshcheniye (pendidikan).
            Islamic center ini terletak di jalan studencheskaya 56. Pada awalnya, bangunan tersebut adalah apartemen 3 lantai milik penduduk yang dijual.  Kemudian,  pada musim panas, muslim Yekaterinburg membeli lantai pertama bangunan ini. Dan Setelah dilakukan beberapa renovasi, bangunan tersebut kini siap difungsikan.

            Islamic center yang baru dibuka ini terhitung luas. Bagian dalamnya terbagi menjadi beberapa ruang; diantaranya satu dapur, satu ruang sholat, tiga kelas, satu meeting hall, satu ruang anak, satu ruang tenaga pendidik, satu ruang rias untuk perempuan, dua toilet dan satu gudang.
            Begitu masuk pintu pertama, kita akan memasuki sebuah lorong untuk menuju pintu kedua. Sistem pintu berlapis ini memang menjadi tipe rumah atau bangunan di Russia. Tujuannya adalah untuk menghalau tembusan hawa dingin ketika musimnya tiba. Dilorong tersebut berdiri spanduk Prosveshcheniye yang menyambut setiap tamu. Setelah memasuki pintu ke dua, kita akan langsung disambut oleh resepsionis yang siap menjelaskan program dan seluk beluk Islamic center.
            Nuansa dan desain dalam ruangan terlihat begitu modern. Paduan antara warna krem dan biru muda ditambah beberapa hiasan keramik membuat dinding terlihat elok. Warna lantai diserasikan dengan warna biru yang terdapat pada dinding membuat ruangan terasa lebih sejuk. Di sepanjang koridor dalam ruangan dipasang pemandanga berupa foto masjid-masjid indah dari beberapa negara seperti Pakistan, Mesir, Syria dll.
            Peresmian Islamic center kemarin dihadiri oleh sekitar seratus muslim. Dalam sambutannya, direktur Islamic center Prosveshcheniye , Ruslan Nurmametov (32), mengucapkan selamat kepada hadirin dan tamu undangan serta untuk semua muslim Yekaterinburg atas keberhasilan mewujudkan cita-cita memiliki gedung sendiri yang difungsikan sebagai Islamic center.
            Sebelum mempunyai gedung sendiri, untuk melaksanakan program-programnya, Prosvhechenie bekerja sama dengan masjid Nur yang terletak jauh di luar kota, di desa Oktyabirski. Jika ingin mengaji, setiap hari minggu muslim yang tinggal di kota Yekaterinburg harus menempuh perjalanan sekitar 39 km ke desa Oktyabirski. Tapi sekarang tidak perlu lagi. Dulu muslim Yekaterinburg harus menyewa mobil secara patungan untuk ke Oktyabirski, namun sekarang setiap muslim bisa datang sendiri ke Islamic center dengan naik angkutan umum,” ucap Ruslan.

Melihat jadwal Pelajaran di Prosvwsheniye
           
Setelah seremonial peresmian Islamic center selesai, Ruslan Nurmametov membacakan program, visi dan misi prosveshchenie kedepan. Prosveshchenie mempunyai beberapa program diantaranya kelas sore, setiap hari senin dan selasa pukul 18.00 sampai 20.00 waktu setempat yang sudah akan dimulai besok harinya (senin, 12/11), selanjutnya kelas rabu bagi mereka yang tinggal di desa Oktyabirski. Selain itu ada pertemuan ringan yang akan diselenggarakan setiap jum’at sore. Pertemuan tersebut berformat santai sambil menikmati teh dan makanan ringan, namun diselingi obrolan tema agama yang bervariasi. Ada juga program vixodnou (akhir pekan), yaitu setiap sabtu dan minggu. Program akhir pekan ini menjadi andalan bagi mereka yang setiap harinya sibuk bekerja.

Prosveshchenie
            Organisasi Prosveshchenie sudah dirintis sejak lima tahun yang lalu. Berawal dari kumpulan jamaah pengajian rutin yang diselenggarakan di masjid Rahmat di kawasan Uralmas. Karena masjid Rahmat disinyalir sebagai tempat berkumpulnya orang-orang garis kanan oleh pihak keamanan daerah,  Prosveshchenie pun pindah. Selanjutnya Prosveshchenie pindah ke masjid Usman yang terletak di jalan Balshakova. Karena kecilnya ruangan yang ada di masjid Usman, akhirnya Prosveshchenie pindah ke masjid Nur, Oktyabirski yang terletak 39 km dari kota Yekaterinburg sebelum akhirnya bisa membeli gedung sendiri.
            Russia adalah negara sekuler yang memisahkan antara urusan agama dan pemerintah. Dalam artian, setiap organisasi keagamaan bisa berkembang namun tidak ada dukungan materi dari pemerintah. Pemerintah memberikan dukungan berupa persetujuan dengan jaminan bahwa organisasi keagamaan tersebut tidak mengancam keamanan negara. Organisasi Prosvehschenie ini adalah organisasi non profit. Tidak ada biaya tertulis yang harus bayar oleh siapa saja yang mau belajar. Setiap kegiatan terselenggara disponsori oleh sedekah dari para jamaah itu sendiri.
            Prosveshchenie adalah organiasi terbuka. Artinya, tidak hanya muslim, non muslim pun bisa menimba ilmu disini. Ini adalah cara yang baik untuk membangun dialog dengan orang-orang Russia yang belum mengenal islam. “Kalau tidak begitu, bagaimana orang-orang Russia bisa mengenal islam?” kata direktur Ruslan Nurmametov ketika menjawab pertanyaan dari salah satu jamaah. Peresmian Islamic center ditutup pukul 14.00 dengan iringan do’a, semoga semua kendala selalu ada jalan keluarnya bagi muslim Yekaterinburg.
Amin.

0 Comments:

Posting Komentar