Halal Tour in Russia

BAHASA RUSIA

Senin, 01 April 2019

Penyebaran Islam di wilayah Utara Kavkaz (Dagestan)



Salah satu menara masjid di Dagestan
BAB 1. Islam dan Pemerintahan Islam di wilayah Rusia
1.     Penyebaran Islam di wilayah Utara Kavkaz
     -
Sejarah masuknya Islam ke Russia dimulai dari wilayah Derbent. Salah satu kota di Republik Dagestan. Penyebaran islam di wilayah Derbent ini melalui dua tahap, tahap pertama pada abad ke VII dan tahap ke dua pada abad X- sampai XV.
-
Penyebaran islam ditandai dengan perjalanan musafir arab pada pertengahan abad ke VII. Dimana pada tahun 642 – 643 mereka berhasil menguasai kota Derbent dan menjadikan kota ini sebagai pusat kebudayaan Islam di wilayah bagian utara Kavkaz.

-
Penaklukan kota Derbent oleh Arab menjadi salah satu factor penyebaran islam di wilayah Derbent. Keberadaan Arab Muslim di wilayah Derbent menyebabkan penduduk asli tertarik terhadap agama baru yang mereka bawa.

Salah satu peninggalan islam di Dagestan
-
Namun perkembangan penyebaran islam pada masa ini belum begitu signifikan.
-
Tahap ke dua penyebaran Islam di Dagestan dimulai pada pertengahan akhir abad ke X. Pada tahap ini terjadi penguatan hubungan dagang dan pertukaran budaya antara Dagestan dan negara-negara timur tengah.
-
Komunitas arab yang kebanyakan terdiri dari pedagang ini pun berusaha menyebarkan islam sebagai salah satu cara untuk mempertahankan keberadaan dan kesuksesan usaha mereka.
-
Pada pertengahan abad X sampai abad ke XV muncul warna baru/ character islam dalam tahap penyebaran islam di wilayah ini. Dimana karakteristik islam yang muncul pada tahap ini nantinya akan menjadi ciri husus bagi muslim Dagestan dibandingkan dengan muslim Rusia di wilayah lainnya.

Muslim di Dagestan di salah satu acara maulid Nabi
-
Muncullah gerakan Sufi yang kemudian menjadi media penting dalam penyebaran islam di Dagestan. Derbent menjadi pusat agama dan pendidikan spiritual. Dimana di kota ini mulai dimantapkan hokum-hukum islam dan ajaran sufi.
-
Menjelang abad ke XV , islam berhasil menggeser agama dan kepercayaan lain yang sudah dulu ada di wilayah terbesut.  Hal ini yang kemudian menandai akhir dari penyebaran islam di wilayah ini (bagian utara Kavkaz).
-
Meskipun mayoritas masyarakat Dagestan sudah memeluk agama Islam. Namun, mereka masih saja menggunakan hukum adat yang sudah ada. Jadi, di wilayah utara Kavkaz sampai akhir abad ke XX, masyarakat muslim disana masih menggunakan hukum adat dan hukum islam.

Foto muslim Dagestan
-
Hukum islam digunakan untuk memutuskan masalah-masalah agama, keluarga, waris dan beberapa norma masyarakat.  Sedangkan untuk masalah pidana, kebijakan publik, dan perubahan kepemilikan barang diputuskan dengan hukum adat.
-
Inilah sejarah penyebaran islam di Dagestan, sebagai awal tempat masuknya islam ke Russia. Setelah islam masuk di Dagestan, para da’i pun mulai melebarkan medan dakwahnya ke wilayah utara Kavkaz lainnya. Pada abad ke XVI islam mulai masuk ke Chechnya dan Ingushetia.
-
Follow IG @halaltourrusia
Baca informasi tentang islam dan Russia di halaltourrusia.blogspot.com
Belajar bahasa Rusia @masnaguib


0 Comments:

Posting Komentar