Halal Tour in Russia

BAHASA RUSIA

Rabu, 21 Agustus 2019

Cerita Tentang Jamaah Haji Asal Rusia (Kuota dan Ongkos Naik Haji)

          
Jamaah Haji Tatarstan, Rusia yang sudah tiba di Mekkah
Musim haji sudah tiba, umat muslim dari seluruh penjuru dunia mulai berdatangan ke Saudi Arabia. Tidak terkecuali calon jamaah haji asal Republik Tatarstan, salah satu negara yang masuk di dalam subyek Federasi Rusia.  Hingga kini, sekitar 700 calon jamaah Haji Tatarstan Sudah Tiba di Mekah, dan 500 Jamaah lainnya masih menunggu proses pemberangkatan.
          Seperti diberitakan website resmi kantor Dewan urusan agama Islam republik Tatarstan (Duhovniye Upravleniye Musulman Respublik Tatarstan – DUM RT), kuota untuk jamaah haji Tatarstan pada tahun 2019 ini berjumlah 1800 orang.

          Kloter paling banyak dari seluruh kloter pemberangkatan dari Tatarstan adalah kloter yang berangkat pada tanggal 2 agustus nanti. Mereka terdiri dari 5 group dengan jumlah jamaah sebanyak 245 orang.


          Seluruh proses pemberangkatan jamaah Haji asal Tatarstan dikordinir oleh DUM RT Hajj. Satu-satunya operator pengurusan Haji di Rusia yang membimbing dengan memakai pedoman fikih imam Abu Hanifah.
          Biaya naik haji dari Tatarstan pun beragam, sesuai dengan paket yang dipilih oleh jamaah. Ada 4 paket yang disediakan oleh operator DUM RT Hajj. Yaitu, paket Standar- All in dengan harga 255.000 Ruble, atau sekitar Rp 56.465.570. , paket kedua adalah  Super Ekonom  yang berangkat dari Kazan, ibu kota Tatarstan, seharga  159.900 Ruble atau sekita Rp 35.398.010. Paket ketiga adalah , Super Ekonom yang berangkat dari Moscow seharga 149.000 atau Rp 33,185,490, dan paket keempat adalah Standar Minimum yang berangkat dari Moscow seharga 215.000 Ruble atau Rp. 47,591,984.


          
Jamaah Haji Tatar sebelum berangkat ke Mekkah
Perbedaan harga paket standard dan ekonomi ini berdasarkan dari beberapa factor. Untuk kelas ekonomi para jamaah terbang dari Kazan atau Moscow ke Uni Emirat Arab. Kemudian menuju Saudi Arabia dengan menggunakan bus selama satu setengah hari. Untuk kelas ekonomi juga jidak disediakan makanan selama di Saudi. Dan lokasi hotel lebih jauh dari pada para jamaah kelas standar. Sedangkan untuk kelas standart, baik yang terbang dari Kazan atau Moscow langsung menuju Arab Saudi.  Dan disediakan makan dua kali sehari selama pelaksanaan ibadah haji.
          Selama keberadaanya di Arab Saudi nanti, seluruh jamaah haji Tatarstan ini akan ditemani oleh 40 imam yang akan membimbing mereka dalam pelaksanaan ibadah haji dan 20 tenaga medis professional.

          Untuk pelayanan kesehatan , di hotel tempat para jamaah tinggal nantinya akan ada medical centre yang akan siap melayani jamaah haji selama 24 jam setiap harinya. Seperti di Indonesia, jamaah haji Tatarstan juga harus melakukan vaksnasi meningitis dan difteri.
          Sebelum berangkat, para calon jamaah haji sudah mendapatkan bimbingan di masjid-masjid yang ada di Tatarstan. Pada saat bimbingan tersebut, para imam menjelaskan tentang peraturan yang berlaku di Saudi Arabia, tata cara pelaksanaan haji sesuai dengan hukum imam Hanafi.

0 Comments:

Posting Komentar