Halal Tour in Russia

BAHASA RUSIA

Selasa, 29 Oktober 2019

Kelas Intensif Muslim Kazan, Russia, yang Ingin Belajar Islam


Muslim dan Muslimah Kazan mengikuti kelas intensi belajar islam
Kabar gembira bagi penduduk muslim Kazan, ibu kota Tatarstan, salah satu negara bagian di Russia,  karena Kantor Urusan Agama Islam Republik Tatarstan atau yang lebih dikenal dengan DUMRT (Duhovniye Upravleniye Musulman Respublik Tatarstan ), membuka kembali kelas intensif untuk mereka yang ingin belajar Islam.
             Program kelas intensif yang diadakan untuk ketiga kalinya di kota terbesar ketiga di Russia ini dinamakan Shkola Odnogo Dnya yang bisa diartikan one day school / sekolah satu hari.  Program ini merupakan salah satu program unggulan DUMRT saat ini.

           Kelas ini rencananya diadakan satu kali dalam seminggu. Kelas pertama periode ini dibuka kemarin, minggu 27/10, bertempat di aula utama DUMRT.  Dan untuk kelas pertama dihadiri oleh lebih dari 100 peserta gabungan laki-laki dan perempuan.


            Pada periode ini ada hal yang menarik perhatian panitia penyelenggara, yaitu di pembukaan kelas kemarin, ada satu keluarga yang bersama-sama mendaftar untuk mengikuti kelas ini. Dan juga, terdapat penderita tuna rungu yang ikut dalam kelas ini, hal ini mengharuskan panitia penyelenggara untuk meminta bantuan penerjemah bahasa Isyarat.


             Acara ini dibuka dengan pembacaan ayat suci al-quran kemudian dilanjutkan sambutan dari imam masjid  “‘Gailaskaya” ustad Rustam Khairullin. Dalam sambutannya ustad Rustam Khairullin mengungkapkan rasa salutnya terhadap semangat muslim kazan yang hadir untuk belajar Islam.
            Dalam sambutannya, ustad Rustam mengutip hadis nabi SAW, “barang siapa yang pergi mencari Ilmu, maka Allah akan memudahkan jalan ke surge. Semoga Allah memberikan kekuatan dan kesabaran kepada anda semua, agar bisa menyelesaikan program dan jangan sampai tidak masuk kelas”.

            Selanjutnya, Ustad Rustam mengingatkan kepada hadirin tentang bulan Maulid. Bulan kelahiran Nabi. Ustad Ruslan juga berinteraksi dengan hadirin dengan memberikan beberapa pertanyaan seputar Nabi Muhammad SAW.
             Setelah sambutan selesai, murid laki-laki pindah ke masjid Galiyevskaya, sedangkan murid perempuan tetap di aula utama gedung DUMRT.
            Sebelum memulai pelajaran, para murid memperkenalkan diri masing-masing untuk menjalin keakraban. Selain itu setiap murid akan diberikan buku paket “Islam, pervie shagi / Belajar Islam dari dasar. ”

             Setelah semua peserta memperkenalkan diri dan mendapatkan  buku dari panitia, para murid langsung masuk ke pelajaran pertama, yaitu tata cara wudhu. Setiap pelajaran diampu oleh seoran ustadz dan beberapa volunteer dari pemuda Tatarstan.
             Program ini nanti akan ditutup pada tanggal 7 desember 2019. Para peserta program nantinya akan dapat bertemu dengan mufti Tatarstan, Kamil Smigullin dan akan diberi piagam penghargaan atas partisipasinya di program one day school.

             Program ini dibuat special untuk mereka yang ingin mempraktekkan ajaran-ajaran islam, tapi tidak mempunyai waktu cukup untuk mengaji di masjid-masjid yang ada di Kazan,
Program ini akan dilaksanakan di masjid Galiyevskaya, satu kali dalam satu minggu. Setiap hari sabtu dari jam 9 sampai jam 13.00.
             Setiap peserta program akan mendapatkan 6 mata pelajaran . Pelajaran dasar (Terminologi dalam islam, ahlaq terpuji dan tercela dalam Islam, dan wudhu).
             Pelajaran kedua adalah shalat (terbagi menjadi dua pelajaran ; yaitu tatacara pelaksanaan sholat, dan hafalan surat-surat dan doa), rukun islam (puasa, zakat, haji), Aqidah (rukun iman) sejarah islam (sejarah hidup Nabi Muhammad SAW)  

            Program ini tidak diungut biaya. Bahasa pengantar yang dipakai adalah bahasa tatar dan bahasa Rusia.  Dan disetiap pelajaran akan dibagikan modul dan materi pelajaran.
             Program “Sekolah Satu Hari” ini pertama kali dibuka pada tahun 2018, sebagai agenda dakwah DUMRT. Dan sudah dilaksanakan 3 season. Dan menurut catatan panitia, sudah ada sekitar 300 alumni dari program ini, yang diharapkan sudah menjadi muslim yang lebih baik.
-
Sumber : dumrt.com
  • Untuk Belajar Bahasa Rusia dan informasi tentang kabar Rusia, silahkan subscribe channel  klik disini  
  • Pengalaman hidup di Russia bisa dibaca di klik disini



0 Comments:

Posting Komentar