Halal Tour in Russia

BAHASA RUSIA

Rabu, 30 Januari 2019

Idul Fitri di Tatarstan

Suasana hari idul fitri di halaman masjid Kul Sharif

        Di seluruh wilayah Russia, 1 Syawal 1432 H secara serentak jatuh pada hari selasa (30/8/2011). Masyarakat muslim menyambut hari kemenangan ini dengan mendatangi masjid – masjid terdekat sejak pagi buta untuk melaksanakan sholat idul fitri.
            Sholat idul fitri di Tatarstan kebanyakan diselenggarakan pukul 06.15 waktu setempat. oleh karena itu, banyak jamaah sholat subuh memilih menetap di masjid untuk untuk menunggu pelaksanaan sholat ied.
Masjid Kul Sharief yang terdapat di dalam kremlin (benteng) Kazan, menjadi pilihan warga yang tinggal di wilayah ibu kota untuk melasanakan sholat Idul fitri. Lebih dari dua ribu jamaah memenuhi masjid cantik kota Kazan ini, bahkan banyak jamaah yang terpaksa sholat di halaman masjid.

            Pukul 05.30, dari menara masjid kul sharief terdengar pembacaan surat yasiin. Setelah itu Ramil Hazrat Yunusov, imam utama masjid kul sharief, mulai menyampaikan mau’idhoh sampai pukul 06.15. Selanjutnya Ramil Hazrat Yunusov memimpin sholat idul fitri dilanjutkan khutbah.
            Selesai pelaksanaan sholat, Ramil Hazrat, melalui mimbarnya mengucapkan selamat idul fitri kepada semua muslim, “s prajdnikom pust Allah prostit nashi grehi, ukrepit nas I nagradit za nashi starania[1].
President Tatarstan solat di masjid al-mardjani
Sementara itu di masjid Al – Mardjani, yang terletak di jalan Shibagutdina Mardjani 17, sholat idul fitri baru akan dimulai pukul 07.00. Rencananya, Rustam Minnihanov (presiden republik Tatarstan), Ildus Hazrat Faizov (Mufti republik Tatarstan) beserta jajaran kemuftian Tatarstan akan melaksanakan sholat idul fitri di masjid yang dibangun pada tahun 1767 M ini.
            Presiden Tatarstan bersama tim protokoler sampai di Masjid Al-Mardjani tepat pukul 07.00 waktu setempat. Rombongan di sambut oleh Mufti Tatarstan – Ildus Hazrat Faizov - dan imam Masjid Al-Mardjani - Mansur Hazrat Djalalutdinov.
Bertindak sebagai khotib dan imam sholat idul fitri adalah mufti republic Tatarstan. Selanjutnya, ditemui wartawan setelah sholat, Ildus Hazrat Faizov memberikan ucapan selamat hari raya idul fitri kepada seluruh umat islam dan mengharapkan semoga Allah menjaga persatuan umat.
            Pelaksanaan sholat idul fitri di Kazan terasa begitu hidmat. Setelah selesai sholat, sambil beranjak meninggalkan masjid, para jamaah saling berpelukan dan mengucapkan ucapan selamat hari raya idul fitri .
            Selain bertepatan dengan 1 syawal, hari besar umat muslim – hari selasa (30/9) juga merupakan hari jadi kota Kazan. Lembaga pemerintahan pun diliburkan. Oleh karenanya menjelang siang, suasana kota begitu ramai.
            Tradisi di Tatarstan, setelah sholat ied, biasanya keluarga muslim yang tinggal di Kota pergi mengunjungi sanak family mereka yang tinggal di desa. Di sana mereka akan mengadakan semacam majlis di masjid, namun sebelumnya mereka secara bersama-sama berziarah ke makam kerabat ataupun leluhur.
            Bagi aku, lebaran kali ini terasa begitu sepi. Ada beberapa perbedaan dengan beberapa idul fitri yang pernah aku alami (di Cairo dan Indonesia). Di Indonesia, menjelang malam idul fitri sudah terasa suasana lebaran dengan mulai terdengarnya alunan takbir, pawai keliling, persiapan menyambut tamu dll. Suasana tersebut aku temukan ketika di Cairo, namun di Russia, tidak terdengar takbir dari menara – menara masjid, apalagi takbir keliling.


[1] Semoga Allah mengampuni semua dosa kita, menguatkan persaudaraan dan memberikan pahala atas ibadah kita.

0 Comments:

Posting Komentar