Halal Tour in Russia

BAHASA RUSIA

Rabu, 30 Januari 2019

Gadis Rusia Memakai Jilbab


Sabtu (2/7) di ibu kota propinsi Sverdlovsk Oblast berlangsung sabantui[1] gabungan dari beberapa negara federasi Russia. Acara tersebut berlangsung dari pukul 11.00 siang sampai 18.00 waktu setempat di stadion olahraga Lokomotiv, jalan Srochnaya.
            Pesta rakyat ini secara resmi dibuka oleh tiga tokoh penting; gubernur Sverdlovsk Oblast (Aleksander Misharin), president republik Tatarstan (Rustam Minnihanov) dan presiden republic Bashkortostan (Rustam Hamitov).

            Menurut catatan website kantor dinas kebudayaan dan pariwisata propinsi Ural, federalni sabantui ini dihadiri lebih dari 1500 tamu undangan yang datang dari sekitar 60 wilayah dari beberapa negara federasi Russia dan dihadiri sekitar 50 ribu pengunjung.
           
Tenda Muslim
Dalam festival rakyat ini organisasi muslim Yekaterinburg mendapatkan kesempatan berpartisipasi untuk mendirikan tenda. Tenda yang didirikan oleh organisasi muslim Yekaterinburg diberi nama “Prosveshchenie” yang berarti pusat pendidikan.
            Di tenda ini muslimin dari penjuru federasi bisa saling berkenalan untuk sekedar minum teh, mencicipi makanan ringan dan melepas lelah. Bagi yang mencari makanan halal, juga disediakan makan siang dengan menu makanan tardisional negara kawasan asia tengah (Plov).
            Dalam keikutsertaannya di festifal rakyat ini, tenda “Prosveshchenie” memiliki berbagai agenda. Diantaranya pembacaan dongen dan permainan untuk anak-anak, dialog seputar islam, sholat dhuhur berjama’ah, dan bunga islam.
            Bunga islam adalah acara demo pemakaian jilbab, mengenalkan dan memberikan contoh pemasangan jilbab kepada para wanita, hususnya untuk para Muslimah.
Rozalia Ahmatova selaku ketua goup muslimat Yekaterinburg memberikan contoh pemasangan jilbab kepada para pengunjung yang ingin mencoba jilbab. Acara pemakaian jilbab bukan hanya menarik bagi muslimat saja, tetapi juga bagi non muslim. Terlihat beberapa wanita Russia tertarik mencoba berjilbab.
Video



[1] Pesta rakyat Russia menyambut musim panas.

0 Comments:

Posting Komentar