Halal Tour in Russia

BAHASA RUSIA

Kamis, 14 Februari 2019

Masjid Zakaban, Tatarstan Rusia



Masjid Zakaban adalah salah satu masjid bersejarah yang terdapat di kota Kazan. Selain dikenal dengan nama Zakaban, masjid ini juga dikenal sebagai masjid peringatan 1000 tahun masuknya islam ke Russia.

Masjid ini dibangun pada tahun 1924 – 1926 atas swadana masyarakat. Dan, hal yang menarik adalah, izin pembangunan masjid ini diberikan oleh Stalin, petinggi Komunis yang sangat anti agama, dan terkenal dengan slogannya “Agama adalah candu”.


Dalam perjalanannya, masjid ini pernah ditutup pada 6 februari 1930. Ya, pada masa itu, seluruh fasilitas peribadatan atau lembaga keagamaan dilarang. Dan dibuka kembali setelah runtuhnya uni soviet 1991.

Pada masa Uni soviet, bangunan ini difungsikan sebagai taman kanak-kanak, dan markas bantuan tentara rusia. Di samping bangunan masjid ini juga dibangun restoran, Beberapa bangunan baru didirikan disekitar masjid, untuk menutupi, agar tidak tampak seperti rumah ibadah. Bahkan beberapa menara pun dirubuhkan.



Mengapa masjid ini diberi nama Zakaban? Karena masjid ini letaknya tidak jauh dari danau Kaban yang tedapat di kota Kazan.

Menurut informasi yang kami dapat, pemilihan lokasi untuk membangun masjid di samping danau Kaban, adalah karena jamaah laki-laki nantinya mengambil air wudhu di danau ini, setelah itu bisa langsung ke masjid untuk solat.

Masjid ini mempunyai dua lantai. Lantai satu untuk jamaah laki-laki. Ruangan ini pernah direnovasi, tiang-tiang penyangganya diganti dengan 6 plar penyangga. 6 pilar ini adalah symbol dari rukun iman.

Dan, satu lagi, lantai dua diperuntukkan untuk jamaah perempuan.



Masjid Zakaban saat ini tidak hanya aktif di bidang keagamaan saja, tapi juga aktif di banyak kegiatan social seperti santunan kepada anak yatim, makan gratis untuk orang yang kurang mampu tanpa memandang suku dan agama.



Selain itu,sekarang masjid ini juga mempunyai perpustakaan yang dilengkapi dengan literature agama islam, yang disiapkan untuk siapa saja yang ingin menimba ilmu tentang ke islaman.

#Islam di Rusia






0 Comments:

Posting Komentar