Halal Tour in Russia

BAHASA RUSIA

Kamis, 16 Mei 2019

Buka Bersama Mufti Rusia Ravil Gainuddin

Mufti Rusia : Ravil Gainuddin

Selamat malam sahabat halaltourrusia. Dalam postingan ini kami akan menyajikan kabar yang terjadi di minggu ini tentang kegiatan muslim atau islam di Rusia. Materi ini kami ambil dari website muslim.ru.
-
Rabu 15 Mei 2019 Mufti Russia Ravil Gainuddin mengundang beberapa koleganya untuk berbuka bersama di Masjid Jami Moscow / Sabornaya Mechet Maskvi.  Pada kesempatan itu Mufti Russia mengundang banyak pejabat pemerintah, pejabat perwakilan dari negara asing di Rusia dan juga para bisnismen.



-
Seperti lazimnya acara buka bersama. Setelah pembacaan Ayat alquran, mufti Ravil Gainuddin berceramah dihadapan para tamu udangan, menyampaikan makna dan manfaat Ramadhan bagi umat manusia.


Puasa pada bulan ramadhan adalah ujian/cobaan untuk menguji kadar keimanan, kepekaan perasaan, kebersihan pikiran kita dan tindakan kita sebagai umat islam. Islam tidak hanya terbatas pada pelaksanaan ritual-ritual ibadah mahdoh saja, tapi Islam juga mengajak pemeluknya untuk aktif membangun masyarakat di berbagai kegiatan sosial. Menjalankan peran sebagai khalifah  Allah di bumi. Tegas Mufti Ravil Gainutdin.
-
Pada kesempatan itu Mufti Ravil Gainuddin juga melaporkan berbagai kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Dewan Kemuftian rusia/ Savet Mufti Rossii. Kegiatan-kegiatan tersbeut meilputi Kegiatan di bidang pendidikan budaya, dan kegiatan charity.


-
Mufti Ravil menegaskan bahwa semua kegiatan social yang diprakarsai oleh Dewan Kemuftian ditujukan untuk semua rakyat Rusia tanpa terkecuali (tanpa memandang suku dan agama).  Demi untuk kestabilitasan dan kemajuan Rusia.
-

Dalam kesempatan itu Mufti Ravil juga menyinggung dan bersyukur, bahwa sampai saat ini kebebasan dalam menjalankan agama sangat di dukung oleh pemerintah Rusia.
-
“Yang kami maksudkan, bahwa kami memiliki kesempatan untuk merealisasikan program-program Kemuftian, dan turut serta dalam kegiatan-kegiatan social.  Dewan Mufti Rusia juga mempunyai andil yang besar dalam membangun dialog antar agama-agama yanga ada di rusia, dan turut menciptakan keharmonisan dalam kehidupan beragama dan bernegara”.


-
Dalam kesempatan tersebut, di hadapan para tamu undangan,  Mufti Ravil juga menekankan pentingnya menambah kerjasama kegiatan kemanusiaan, mempererat hubungan antar suku bangsa, dan antar pemeluk agama. Menghidupkan budaya-budaya membangun, mengembangkan budaya saling menghormati, dll.
-

Menurut para tamu undangan, Peran Mufti Ravil Gainuddin sangat besar dalam pengembangan Islam di Rusia dari dalam. Menjaga nama baik dan nilai-nilai islam ditengah masyarakat Rusia.  Semua kegiatan ini bertujuan untuk kedamaian dan pembangunan Rusia.
-
Dalam sambutannya,beberapa wakil dari tamu undangan juga mengucapkan terima kasih kepada Ravil Gainuddin atas keteguhan dan kekonsistensinya dalam berdakwah  di tengah masyarakat Moscow secara husus dan untuk masyarakat Rusia secara umum.  Para tamu berharap pertemuan yang melibatkan semua tokoh dari berbagai bidang ini tidak akan berhenti disini saja.
-
Pada kesempatan ini, sekjen Dewan Kemuftian Rusia,  Rushan Abbasov menyampaikan kepada para tamu tentang program baru yang akan dikerjakan oleh Dewan Mufti Rusia bekerja sama dengan lembaga-lembaga pemerintah dalam bidang bisnis dan kegiatan social.

-
Diantara tamu undangan kemarin, hadir Menteri Perdagangan Libya  Dr. Ali Al-Isai . Dalam sambutannya, Ali Al-Isai merasa terkesan dengan banyak hal yang dilakukan masyarakat muslim Rusia.  Dan mengharapkan semoga masyarakat muslim Rusia semakin maju.
-
Buka puasa ditutup dengan solat tarawih berjamaah di ruang utama masjid jami Moscow.
Sumber : muslim.ru


0 Comments:

Posting Komentar